a World Leading Christian University
Melalui pemberitahuan ini, kami menginfokan status PPAr UK Petra saat ini sedang vakum (belum menerima mahasiswa baru)
Adapun status ini, terkait proses pengurusan status PPAr UK Petra di tingkat nasional, dari Program menjadi Program Studi.
Hal ini untuk memenuhi persyaratan dan arahan APTARI dan IAI Nasional, yang mewajibkan lulusan PPAr bergelar profesi Ar.
Informasi tentang update status PPAr UK Petra dapat dipantau secara berkala melalui website ppar.petra.ac.id
Dalam rangka pengembangan Program Pendidikan Profesi Arsitek dan Program Studi Magister Arsitektur, serta Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Kristen Petra (UK Petra), FTSP UK Petra menandatangani Pembaharuan Perjanjian Kerja Sama dengan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Provinsi Jawa Timur. Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama ini dilakukan oleh Dr. Rudy Setiawan, S.T., M.T., selaku Dekan FTSP UK Petra dan Yuli Kalson Sagala, S.T., M.Ars., IAI, AA, selaku Ketua Umum Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Provinsi Jawa Timur. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting pada 14 Juli 2021.
“Seiring dengan kebijakan pembelajaran Kampus Merdeka dan dalam rangka menghadapi tantangan era perubahan yang sangat cepat, UK Petra tidak berjalan sendiri dan bersyukur mendapat dukungan dari IAI Provinsi Jawa Timur untuk bersama-sama merancang pembekalan mahasiswa/lulusan untuk siap menghadapi era perubahan yang sangat cepat ini,” ungkap Rudy.
Perjanjian Kerja Sama ini dimaksudkan untuk mendukung pelaksanaan Program Pendidikan Profesi Arsitek dan Program Studi Magister Arsitektur UK Petra dalam rangka memperlengkapi mahasiswa program ini dengan butir-butir kompetensi Ikatan Arsitek Indonesia (IAI), sehingga mahasiswa lulusan program ini dapat memiliki kesiapan untuk menempuh proses pendidikan keprofesian di kampus dan magang profesional melalui bimbingan mentor ahli yang direkomendasikan oleh IAI Provinsi Jawa Timur. Pada tahap akhir setelah proses magang profesional, diharapkan para calon arsitek ini mendapatkan kesempatan untuk uji kompetensi di bawah Dewan Arsitek Indonesia untuk penerbitan Surat Tanda Registrasi Arsitek melalui rekomendasi IAI.
Di samping itu, dalam menjalankan amanat Undang – Undang No. 6 tahun 2017 tentang arsitek, yang menyatakan bahwa sebagai salah satu syarat seorang arsitek dapat melakukan praktik arsitek di Indonesia adalah telah menjalani pendidikan arsitektur di dalam maupun di luar negeri yang disetarakan dan diakui oleh Pemerintah. Maka IAI sebagai pengemban amanat menyelenggarakan pembinaan dan pengembangan profesi arsitek di Indonesia, serta UK Petra sebagai pencetak lulusan sarjana Arsitektur dipandang perlu untuk melakukan sinergi program dan bersama-sama mengembangkan profesi arsitek, sehingga mampu memenuhi kebutuhan negara akan tenaga ahli arsitek profesional yang handal dan mampu bersaing di kancah internasional.
“Hubungan antara profesi dan mahasiswa semoga bisa menjadi guyub. Bila Ikatan Arsitek membutuhkan sesuatu, mahasiswa dapat segera berkontribusi. Diharapkan kedua institusi dapat memperbanyak kegiatan kerja sama yang dapat dilakukan bersama dan dapat saling mendekatkan diri karena asosiasi profesi memahami bahwa ‘raw material’ arsitek adalah dari mahasiswa,” urai Yuli.
Pembaharuan Perjanjian Kerja Sama ini berlaku selama tiga tahun terhitung sejak penandatanganan, setiap tahunnya akan ditinjau untuk mengakomodasi perubahan yang dianggap perlu, namun nantinya Perjanjian Kerja Sama ini dapat diperpanjang sesuai kesepakatan para pihak terkait. (rut/dit)
https://www.petra.ac.id/news/uk-petra-tandatangani-perjanjian-kerja-sama-dengan-iai
PENDAFTARAN & PROGRAM
STATUS : DITUTUP
-------------------------------------------------
Skema pelaksanaan program kemungkinan besar adalah daring (online),
Namun calon pendaftar silahkan mencantumkan preferensi pada form pendaftaran yang telah kami sediakan di bawah
-------------------------------------------------
Pengisian & Pelengkapan Form Pendaftaran : s/d 31 Juli 2021
Seleksi, Wawancara & Administasi : 1-21 Agusuts 2021
Awal Perkuliahan : 23 Agustus 2021
Kuliah Semester Gasal : September - Desember 2021
Pembayaran pendaftaran : setelah lolos seleksi, akan dikabarkan via email terdaftar
Pembayaran uang kuliah (dapat dicicil s/d 6x selama program) : Periode Gasal & Genap 21-22
Program: September 2021 – Mei 2022
MEKANISME PENDAFTARAN
BIAYA STUDI
Pendaftaran: Rp. 500.000
Biaya program: Rp. 19.250.000* untuk keseluruhan program 1 tahun pelaksanaan
Rekening resmi UK PETRA : 8220 - 999 - 280 (BCA an YPTK PETRA)
Termasuk:
Tidak termasuk:
PRASYARAT
CATATAN
Jika belum wisuda, ijasah dan transkrip dapat diganti dengan SKL, transkrip nilai sementara dari SIM.
Syarat TOEFL adalah 500 dan masih berlaku
Untuk pemenuhan skor TOEFL sebagai syarat masuk, dapat dilakukan di Petra Language Center
-------------------------------------------------
FORM ONLINE PENDAFTARAN (bisa diedit s/d 31 Juli 2021)
DOWNLOAD BUKU PEDOMAN PPAR 2021 (silahkan dipelajari)
Informasi lebih lanjut :
Dapat mengemail kp-ppar@petra.ac.id
SUBJEK PPAR 2021-2022
KULIAH TAMU
PENDIDIKAN DAN KEPROFESIAN ARSITEKTUR
Selasa, 30 Maret 2021
0900-1100 WIB
Detail : http://petra.id/KT_30MAR
ARCHITECTURE FOR ALL
Architects have an important role to play in the creation of inclusive, safe, and resilient built environments. Yet as a profession we continue to design buildings and spaces which exclude, often the most vulnerable in our society, including older people and people with disabilities. Inclusive design is fundamental to architectural quality. Universal access is a basic human right.
This 4th ICEA’s objective is to achieve the mission of the Department of Architecture to develop a built environment, sensitive and empathic towards human needs and a more equitable society through the global development, maintenance, and improvement of accessible and inclusive built environments. It works with students, architects, and the community at large. To encourage and promote equal access to the built environment, to remove barriers that create segregation, and to achieve sustainable buildings and places that are friendly, accessible, and understandable for everyone.
Dr. Ar. Joseph Kwan MH.
Universal Accessibility For All – Architecture Beyond Form
13:30 - 13:45
Gunawan Tanuwidjaja, PhD (Cand)
Experiencing Disability As Starting Point Of Becoming Empathetic Architect
13:45 - 14:00
Suzanne de Laval, PhD
Architecture And Children, How Can Children Participate In The Design Process And In Evaluation Of School Environments
Mia Tedjosaputro, PhD
(judul)
Rully Damayanti
by Zoom Meeting 13:00 - 15:10
Live Stream on Magister Arsitektur Petra Youtube
DETAIL : HTTP://icea.petra.ac.id
KULIAH TAMU PPAR
Selasa 23 Maret 2021
Detail : http://petra.id/KT_23MAR_REG
KULIAH TAMU TEMPORALITAS
Selasa, 23 Februari 2021
Detail : http://petra.id/KT_23FEB_REG
KULIAH TAMU S2 & PPAR
Jumat 19 Februari 2021
Detail acara : http://petra.id/KT_19FEB_REG
Mahasiswa PPAR
A.A Ngr. A. Wisnu Surya Putra Achintya (B72200014)
Andrew Laksmana (B72200005)
Kevin Yonathan Tanumidjaja (B72200016)
memenangkan juara 3 SAYEMBARA DESAIN KREARTUR SERIES yang diselenggarakan oleh TATAMATRA
https://www.instagram.com/kreartureseries/
ACARA PENJURIAN : https://www.youtube.com/watch?v=y6isdIfDktQ
BUKU PEDOMAN
Silahkan download buku pedoman berikut untuk informasi PPAR UK PETRA
SAYEMBARA PERANCANGAN
GEDUNG FAKULTAS KEDOKTERAN, FAKULTAS FARMASI, FAKULTAS PSIKOLOGI DAN FAKULTAS KEPERAWATAN
KAMPUS UTARA – UNIVERSITAS KRISTEN PETRA
PENDAHULUAN
Sayembara ini diselenggarakan oleh Universitas Kristen Petra. Maksud sayembara adalah untuk mendapatkan ide atau gagasan desain Gedung Kampus Utara untuk kebutuhan untuk 4 (empat) fakultas yang baru yaitu Fakultas Kedokteran (Program Studi Kedokteran dan Profesi Dokter), Fakultas Farmasi (Program Studi Farmasi dan dan Profesi Apoteker), Fakultas Psikologi (Program Studi Psikologi dan Magister Psikolog/Profesi/Terapan), dan Fakultas Keperawatan (Program Studi Keperawatan dan Profesi Bidan), merupakan rencana peningkatan kualitas tri-darma pendidikan dengan optimalisasi pemanfaatan aset lahan universitas yang terdapat pada lokasi Kampus Utara Universitas Kristen Petra.
Sayembara ini bersifat terbuka untuk alumni dan mahasiswa Arsitektur Universitas Kristen Petra, dilangsungkan dalam 2 tahap, dan pemenang dipilih oleh YPTK Petra serta akan dilibatkan dalam pelaksanaan pengembangan rancangan, dan akan mendapatkan kompensasi atas jasa perencanaan.
JADWAL PELAKSANAAN
Pengumuman Sayembara
02 - 07 November 2020
Pendaftaran Sayembara
02 - 20 November 2020
Penjelasan Sayembara (Google Meet)
23 November 2020
Penerimaan Karya
23 Januari 2021
PESERTA SAYEMBARA & PENJURIAN
Sayembara terbuka bagi Alumni & Mahasiswa Arsitektur Universitas Kristen Petra. Sayembara dapat diikuti perorangan / berkelompok (jumlah anggota kelompok bebas). 1 Nama terbatas hanya pada 1 Tim saja (dilarang muncul pada multi-tim). Pelaksanaan sayembara berlangsung 2 tahap, tahap 1 adalah pemilihan nominator, tahap 2 adalah presentasi nominator di depan juri (Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Petra). YPTK akan memilih juara 1-2-3 pada akhir masa penjurian.
HADIAH SAYEMBARA
Juara 1
Rp. 50.000.000,-
Juara 2
Rp. 30.000.000,-
Juara 3
Rp. 20.000.000,-
LINK PENTING
INFORMASI : http://petra.id/SAYEMBARAPETRA
TOR & DATA : http://petra.id/SAYEMBARAPETRA_FILES
PENDAFTARAN (02 NOV - 20 NOV 2020): http://petra.id/SAYEMBARAPETRA_DAFTAR
PENGUMPULAN KARYA (20 NOV 2020 - 23 JAN 2021) : http://petra.id/SAYEMBARAPETRA_PENGUMPULAN
1. Advisory Board Program Pendidikan Profesi Arsitek Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Kristen Petra Periode 2020-2021 sebagai berikut:
a. Ar. Ir. Iskandar Guli Intan, S.T., M.T., W (Principal & Founder AIGI Architect & Associates)
b. Ar. Aloysius Erwin Siahaan, S.T., W (Principal AER Design Studio)
c. Ar. Yuli Kalson Sagala, S.T., M.Ars, W. AA (Principal KSAD Group)
2. Keputusan ini berlaku terhitung mulai tanggal 31 Oktober 2020 sampai dengan tanggal 31 Oktober 2021, dengan ketentuan bahwa segala sesuatunya akan diubah dan diperbaiki sebagaimana mestinya apabila terdapat kesalahan di dalamnya.
Skema PPAR 2020
Skema pembelajaran PPAR 2020 dapat di akses di link berikut ini : http://petra.id/PPAR_SKEMA2020
STATUS : DITUTUP
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
PENDAFTARAN & PROGRAM
Pendaftaran : s/d 20 JULI 2020
Test dan wawancara : 20 JULI - 30 JULI 2020
Test dan wawancara biro : membuat janji dengan biro terpilih, menyesuaikan jadwal biro yang dituju
Pembayaran pendaftaran : sebelum wawancara universitas, bukti bayar disertakan dalam form online
Pembayaran uang kuliah (dapat dicicil 2x) : Agustus 2020 dan Januari 2021
Program: Agustus 2020 – Juni 2021
MEKANISME PENDAFTARAN
Pembayaran Biaya Pendaftaran > Mengisi Form Online > Panggilan Wawancana Universitas > Wawancara Biro > Seleksi Internal & Biro > Pengumuman Hasil > Mulai Program > Pembayaran Biaya Program
BIAYA STUDI
Pendaftaran: Rp. 500.000
Transfer pendafaran ke CIMB Niaga a.n. Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Petra 013 01 32692 007
Biaya program: Rp. 19.250.000* untuk seluruh program, dapat dicicil 2 kali.
Termasuk:
Tidak termasuk:
PRASYARAT
CATATAN
Jika belum wisuda, ijasah dan transkrip dapat diganti dengan SKL, transkrip nilai sementara dari SIM, dan syarat TOEFL adalah opsional. Jika tidak memiliki sertifikat akan di tes di Pusat Bahasa Petra.
FORM ONLINE
CLOSED
Informasi lebih lanjut :
Dapat mengemail kp-ppar@petra.ac.id
SUBJEK PPAR 2020-2021
Tahap Pemasukan Berkas Pendaftaran melalui e mail telah ditutup. Pendaftar yang telah memasukkan berkas mohon mengikuti alur Tahap Tes Wawancara/EPT/Psikotes yang diinformasikan melalui e mail masing-masing.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
PENDAFTARAN & PROGRAM
Pendaftaran : 20 Juni 2019 – 23 Juli 2019 (batas akhir kirim email)
Test dan wawancara : Periodik ( 28 Juni / 05 Juli / 12 Juli / 19 Juli / 26 Juli ) wawancara per 2-5 orang, akan dijadwalkan dan dikabari via email, lokasi di Universitas Kristen Petra
Test dan wawancara biro : membuat janji dengan biro terpilih, menyesuaikan jadwal biro yang dituju
Pembayaran pendaftaran : setelah wawancara universitas, sebelum wawancara biro
Pembayaran uang kuliah (dapat dicicil 2x) : 30 Agustus 2019 dan 31 Januari 2020
Program: Agustus 2019 – Juni 2020
MEKANISME PENDAFTARAN
Email Dokumen Identitas & Kelengkapan > Panggilan Wawancara Universitas > Jika Lolos, membayar uang pendaftaran > Wawancara Biro > Proses penerimaan > Pengumuman Hasil > Mulai Studio PPAR > Pembayaran Uang Program
BIAYA STUDI
Pendaftaran: Rp. 500.000 ( dibayarkan saat telah lolos wawancara universitas, sebelum wawancara biro ) - lihat diagram alur di bawah
Transfer pendafaran ke CIMB Niaga a.n. Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Petra 013 01 32692 007.
Biaya program: Rp. 19.250.000* untuk seluruh program, dapat dicicil 2 kali.
Termasuk:
Tidak termasuk:
PRASYARAT
PROSEDUR DOKUMEN
Mengisi formulir pendaftaran *.doc, kemudian di save *.pdf yang dilampiri dengan SCAN :
Kirim file file tersebut ke email : ppar@petra.ac.id, cc ke bramasta@petra.ac.id dengan subjek
PENDAFTARAN PPAR 2019-2020
Dokumen :
Rabu, 31 Agustus 2016, Ruang Konverensi (RK) IV Gedung Radius Prawiro Universitas Kristen (UK) Petra dipenuhi alumni, mahasiswa/i, dosen, serta beberapa tamu undangan. Tepat pukul 08.00 WIB, Semiloka Relaunch Pendidikan Profesi Arsitektur (PPAr) UK Petra, dimulai. Dalam acara ini dijabarkan mengenai pembukaan program pendidikan profesi bagi mahasiswa/i yang telah menempuh studi di Program Studi (Prodi) Arsitektur. Latar belakang pendidikan profesi arsitek adalah standar pendidikan arsitektur 5 tahun yang distandarkan oleh UIA (International Union of Architects), merespon era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dan Undang-Undang Arsitek yang akan segera disahkan. Dengan terbukanya akses untuk 8 profesi termasuk arsitek bekerja lintas negara, terutama di ASEAN, diperlukan peningkatan kesiapan dan kompetensi arsitek profesional Indonesia yang memiliki lisensi nasional maupun internasional.
Semiloka menghadirkan empat pembicara dengan topik pembahasan terkait dinamika terkini dunia profesi arsitek di Indonesia. Selaku Wakil Ketua Umum Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Nasional, Ketut Rana Wiarcha, IAI, menjabarkan mengenai, “MEA dan Undang-Undang Arsitek”. Sementara, Dr. Ir. Agustinus Adib Abadi, M.Sc. sebagai Ketua Asosiasi Pendidikan Tinggi Arsitektur Indonesia (APTARI) membahas topik mengenai, “Pendidikan Arsitektur Selama 5 Tahun” sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang Pendidikan Tinggi RI tahun 2012. Kemudian, ada Hari Sunarko, IAI, AA, yang merupakan Ketua IAI Jawa Timur yang membagikan wawasan mengenai “Asosiasi Profesi Arsitek di Jawa Timur,” dan terakhir Dr. Rony Gunawan S., S.T., M.T., IAI, selaku Kepala Prodi PPAr UK Petra, yang akan menceritakan lebih lanjut PPAr di UK Petra.
Keempat topik khusus yang dijabarkan oleh pembicara, menjurus pada pemahaman bahwa:
Semiloka dapat berjalan dengan baik dengan bantuan Aloysius Erwin S., S.T., IAI, Praktisi dan Alumni UK Petra selaku moderator yang membawakan acara tersebut.
Materi MEA dan Undang Undang Arsitek
Materi Pendidikan Arsitektur 5 Tahun
Materi Asosiasi Profesi Arsitek di Jawa Timur
Materi Pendidikan Profesi Arsitek UK Petra
FORMULIR PENDAFTARAN :
BIAYA
Biaya Studi PPAr UK Petra Tahun Studi 2017 - 2018
• Biaya Pendaftaran Rp 500.000
• Biaya Program Rp 17.500.000 (seluruh program)
KETERANGAN
Biaya program dapat dilakukan dalam 2x pembayaran, sudah termasuk :
• Biaya Penataran Strata IAI (Kode Etik, Strata 1 & 2)
• Pendaftaran Anggota IAI (tidak termasuk iuran tahunan anggota IAI)
• Sertifikasi IAI Muda
PROSEDUR
· Mengisi berkas formulir pendaftaran
· Transfer biaya pendaftaran ke CIMB Niaga a.n. YPTK Petra 800005757800
· Menyerahkan berkas Dokumen Pendaftaran ke TU PPAr (Danies) P lantai 6 07.30-15.30 Senin - Jumat
· Pendaftaran dimulai 8 Mei 2017 dengan kuota awal 10 calon mahasiswa
· Pelaksanaan Program PPAr 14 Agustus 2017 - 30 Juni 2018
DOKUMEN PENDAFTARAN
• 1x Formulir Pendaftaran (diunduh di ppar.petra.ac.id)
• 1x Tes TOEFL
· 2x Fotocopy KTP, Ijazah S1, Transkrip, & Akte Lahir
• 1x CD/DVD Softcopy Laporan Tugas Akhir
• 4x Pas Foto berwarna 3x4
• 1x Bukti Transfer Biaya Pendaftaran
Bagi mahasiswa semester terakhir, diperkenankan menyusulkan berkas surat keterangan lulus, tes TOEFL dan Laporan TA hingga 21 Juli 2017