Publikasi

Alur Pendidikan Profesi Arsitek
15 Jan 2018

Alur Pendidikan Profesi Arsitek yang direkomendasikan oleh Asosiasi Pendidikan Tinggi Arsitektur (APTARI) dan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) up date 2017

Baca lebih lanjut>
RELAUNCH PPAR
15 Jan 2018

Rabu, 31 Agustus 2016, Ruang Konverensi (RK) IV Gedung Radius Prawiro Universitas Kristen (UK) Petra dipenuhi alumni, mahasiswa/i, dosen, serta beberapa tamu undangan. Tepat pukul 08.00 WIB, Semiloka Relaunch Pendidikan Profesi Arsitektur (PPAr) UK Petra, dimulai. Dalam acara ini dijabarkan mengenai pembukaan program pendidikan profesi bagi mahasiswa/i yang telah menempuh studi di Program Studi (Prodi) Arsitektur. Latar belakang pendidikan profesi arsitek adalah standar pendidikan arsitektur 5 tahun yang distandarkan oleh UIA (International Union of Architects),  merespon era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dan Undang-Undang Arsitek yang akan segera disahkan. Dengan terbukanya akses untuk 8 profesi termasuk arsitek bekerja lintas negara, terutama di ASEAN, diperlukan peningkatan kesiapan dan kompetensi arsitek profesional Indonesia yang memiliki lisensi nasional maupun internasional.

Semiloka menghadirkan empat pembicara dengan topik pembahasan terkait dinamika terkini dunia profesi arsitek di Indonesia. Selaku Wakil Ketua Umum Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Nasional, Ketut Rana Wiarcha, IAI, menjabarkan mengenai, “MEA dan Undang-Undang Arsitek”. Sementara, Dr. Ir. Agustinus Adib Abadi, M.Sc. sebagai Ketua Asosiasi Pendidikan Tinggi Arsitektur Indonesia (APTARI) membahas topik mengenai, “Pendidikan Arsitektur Selama 5 Tahun” sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang Pendidikan Tinggi RI tahun 2012. Kemudian, ada Hari  Sunarko, IAI, AA, yang merupakan Ketua IAI Jawa Timur yang membagikan wawasan mengenai “Asosiasi Profesi Arsitek di Jawa Timur,” dan terakhir Dr. Rony Gunawan S., S.T., M.T., IAI, selaku Kepala Prodi PPAr UK Petra, yang akan menceritakan lebih lanjut PPAr di UK Petra.

Keempat topik khusus yang dijabarkan oleh pembicara, menjurus pada pemahaman bahwa:

  • Negara, asosiasi pendidikan, dan asosiasi profesi mengamanatkan PPAr sebagai pemenuhan dari standar pendidikan arsitektur 5 tahun yang dipersyaratkan dunia internasional, sehingga lulusan PPAr dapat disetarakan dengan pendidikan arsitektur minimal di lingkup regional dan internasional.
  • Materi dan pembelajaran di PPAr membekali lulusan PPAr agar secara resmi layak menyandang gelar Arsitek dan memiliki kompetensi arsitek profesional bersertifikasi, sebagai syarat berpraktek di Indonesia.

Semiloka dapat berjalan dengan baik dengan bantuan Aloysius Erwin S., S.T., IAI, Praktisi dan Alumni UK Petra selaku moderator yang membawakan acara tersebut.

 

Materi MEA dan Undang Undang Arsitek

Materi Pendidikan Arsitektur 5 Tahun

Materi Asosiasi Profesi Arsitek di Jawa Timur

Materi Pendidikan Profesi Arsitek UK Petra

 

 

 

 

Baca lebih lanjut>
PUBLIKASI PPAr
15 Jan 2018

PUBLIKASI PPAr April 2017

Baca lebih lanjut>
PENDAFTARAN PESERTA PPAR
15 Jan 2018

FORMULIR PENDAFTARAN :

Formulir Pendaftaran

  

 

BIAYA

Biaya Studi PPAr UK Petra Tahun Studi 2017 - 2018

 • Biaya Pendaftaran Rp 500.000

 • Biaya Program Rp 17.500.000 (seluruh program) 

 

KETERANGAN

Biaya program dapat dilakukan dalam 2x pembayaran, sudah termasuk : 

• Biaya Penataran Strata IAI (Kode Etik, Strata 1 & 2)

• Pendaftaran Anggota IAI (tidak termasuk iuran tahunan anggota IAI)

• Sertifikasi IAI Muda  

 

PROSEDUR

·       Mengisi berkas formulir pendaftaran 

·       Transfer biaya pendaftaran ke CIMB Niaga a.n. YPTK Petra 800005757800

·       Menyerahkan berkas Dokumen Pendaftaran ke TU PPAr (Danies) P lantai 6 07.30-15.30 Senin - Jumat

·       Pendaftaran dimulai 8 Mei 2017 dengan kuota awal 10 calon mahasiswa

·       Pelaksanaan Program PPAr 14 Agustus 2017 - 30 Juni 2018 

 

DOKUMEN PENDAFTARAN

    1x Formulir Pendaftaran (diunduh di ppar.petra.ac.id)

    1x Tes TOEFL

·       2x Fotocopy KTP,  Ijazah S1, Transkrip, & Akte Lahir 

    1x CD/DVD Softcopy Laporan Tugas Akhir

    4x Pas Foto berwarna 3x4

    1x Bukti Transfer Biaya Pendaftaran

 

Bagi mahasiswa semester terakhir, diperkenankan menyusulkan berkas surat keterangan lulus, tes TOEFL dan Laporan TA hingga 21 Juli 2017

 

  

Baca lebih lanjut>
Menampilkan 1-4 dari 4 item.