RELAUNCH PPAR

30 nov 2016

Rabu, 31 Agustus 2016, Ruang Konverensi (RK) IV Gedung Radius Prawiro Universitas Kristen (UK) Petra dipenuhi alumni, mahasiswa/i, dosen, serta beberapa tamu undangan. Tepat pukul 08.00 WIB, Semiloka Relaunch Pendidikan Profesi Arsitektur (PPAr) UK Petra, dimulai. Dalam acara ini dijabarkan mengenai pembukaan program pendidikan profesi bagi mahasiswa/i yang telah menempuh studi di Program Studi (Prodi) Arsitektur. Latar belakang pendidikan profesi arsitek adalah standar pendidikan arsitektur 5 tahun yang distandarkan oleh UIA (International Union of Architects),  merespon era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dan Undang-Undang Arsitek yang akan segera disahkan. Dengan terbukanya akses untuk 8 profesi termasuk arsitek bekerja lintas negara, terutama di ASEAN, diperlukan peningkatan kesiapan dan kompetensi arsitek profesional Indonesia yang memiliki lisensi nasional maupun internasional.

Semiloka menghadirkan empat pembicara dengan topik pembahasan terkait dinamika terkini dunia profesi arsitek di Indonesia. Selaku Wakil Ketua Umum Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Nasional, Ketut Rana Wiarcha, IAI, menjabarkan mengenai, “MEA dan Undang-Undang Arsitek”. Sementara, Dr. Ir. Agustinus Adib Abadi, M.Sc. sebagai Ketua Asosiasi Pendidikan Tinggi Arsitektur Indonesia (APTARI) membahas topik mengenai, “Pendidikan Arsitektur Selama 5 Tahun” sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang Pendidikan Tinggi RI tahun 2012. Kemudian, ada Hari  Sunarko, IAI, AA, yang merupakan Ketua IAI Jawa Timur yang membagikan wawasan mengenai “Asosiasi Profesi Arsitek di Jawa Timur,” dan terakhir Dr. Rony Gunawan S., S.T., M.T., IAI, selaku Kepala Prodi PPAr UK Petra, yang akan menceritakan lebih lanjut PPAr di UK Petra.

Keempat topik khusus yang dijabarkan oleh pembicara, menjurus pada pemahaman bahwa:

  • Negara, asosiasi pendidikan, dan asosiasi profesi mengamanatkan PPAr sebagai pemenuhan dari standar pendidikan arsitektur 5 tahun yang dipersyaratkan dunia internasional, sehingga lulusan PPAr dapat disetarakan dengan pendidikan arsitektur minimal di lingkup regional dan internasional.
  • Materi dan pembelajaran di PPAr membekali lulusan PPAr agar secara resmi layak menyandang gelar Arsitek dan memiliki kompetensi arsitek profesional bersertifikasi, sebagai syarat berpraktek di Indonesia.

Semiloka dapat berjalan dengan baik dengan bantuan Aloysius Erwin S., S.T., IAI, Praktisi dan Alumni UK Petra selaku moderator yang membawakan acara tersebut.

 

Materi MEA dan Undang Undang Arsitek

Materi Pendidikan Arsitektur 5 Tahun

Materi Asosiasi Profesi Arsitek di Jawa Timur

Materi Pendidikan Profesi Arsitek UK Petra

 

 

 

 


Close